Cara Berkomunikasi di Lingkungan Kerja

Kesalahpahaman dan permasalahan komunikasi adalah salah satu penyebab terjadinya perseteruan di kantor. Hal semacam ini bisa saja terjadi, terlebih di kantor terdiri dari beberapa orang yang berbeda latar belakang, edukasi, budaya, dan generasi. Agar perseteruan di kantor tidak berkelanjutan, ketahui beberapa tips komunikasi berikut ini agar lingkungan kerja pun terasa nyaman.

1. Lebih spesifik
Saat Anda ingin menyampaikan keluhan, berikanlah alasan dan pendapat yang spesifik. Jadi daripada menyampaikan, “Saya tidak pernah diundang rapat” coba menyampaikan “Saya yakin saya dapat berikan kontribusi bila saja diundang rapat kemarin”.

2. Jauhi personalisasi konflik
Coba ganti fikiran Anda dan lihat sebuah perseteruan dengan kacamata berbeda. Hindari melihat sebuah perseteruan sebagai “Saya melawan dia” namun cobalah lihat “Kami melawan masalah”. Dengan langkah tersebut, Anda menunjukkan sikap profesional dan tidak akan menyerang orang lain secara personal ketika perseteruan itu datang.

3. Terbuka dan dengarkan
Dengarkan lebih dahulu pendapat orang lain, setelahnya katakan lagi apa yang dia katakan pada Anda. Langkah tersebut dilakukan untuk meminimalkan kesalahpahaman dan orang lain pun merasa dirinya didengarkan. Bila Anda tidak sepakat dengan pendapatnya, barulah sampaikan opini Anda.

4. Tidak perlu selalu libatkan bos
Dalam menyelesaikan konflik, janganlah selalu melibatkan atasan. Bila sedikit permasalahan saja Anda sudah lari ke bos, bebrapa bisa Anda dianggap tidak dapat menyelesaikan permasalahan kecil, apalagi yang besar.

5. Batasi keluhan
Hati-hati dalam mengeluh, terlebih bila permasalahan yang muncul menyangkut sesama rekan kerja. Ingat, Anda harus bisa melindungi hubungan profesional antar rekan kerja dan atasan. Oleh karenanya, jangan selalu mengeluhkan segalanya dan pilih kalimat cerdas untuk mengemukakan keluhan bila perlu.

6. Minta mediasi
Jika rasanya perseteruan sudah tidak termonitor dan kedua pihak terlalu emosional, maka Anda perlu seorang mediator. Pilih pihak yang netral dan dapat lihat permasalahan yang Anda hadapi dari kacamata orang ketiga. Bila sudah melakukan mediasi, Anda pun harus bisa berlapang dada pada apapun penyelesaiannya.

7. Tidak semuanya tentang Anda
Terkadang Anda merasa sedang memperoleh serangan personal ketika terjadi perseteruan di sewa kantor jakarta selatan. Namun kadang, tidak semua hal itu tentang Anda. Mungkin perseteruan terjadi karena orang itu, baik rekan kerja ataupun atasan, hanya sedang mengalami hari yang buruk atau mendapatkan masalah lain.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
30 April 2018 pukul 00.33 ×

So beautiful
nitip bro ya let's be nice like you have

www.produkvimaxasli.net

KLIK ==>> www.pillviagra.com/

KLIK ==>> www.distributorviagraasli.com

KLIK ==>> http://balijakarta.com/

KLIK ==>> http://tokoklg.com

www.doktergunawan.xyz

KLIK ==>> http://minyaklintahpapua.net

KLIK ==>> OBAT VIAGRA

KLIK ==>> http://obatklgasli.net

KLIK ==>> http://agenresmiklg.net


Congrats bro OBAT KUAT SOLO you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment