21 Langkah Membangun Blog Baru untuk Blogger Pemula

Related image

jasa pembuatan website di jakarta utara - Membuat website itu tidak susah, Kamu mulai bisa dari yang gratisan terlebih dulu. Contohnya memakai basis Blogger.com, WordPress.com, Medium atau Tumblr. Pokok dari blogging ialah menulis, jadi saat Kamu dapat menumpahkan pikiran Kamu ke dalam tulisan dengan teratur – tidak perduli di mana saja platformnya, Kamu bisa dikatakan sebagai seseorang blogger.

Tetapi bila Kamu punya niat jadikan blogger menjadi profesi. Kamu perlu lebih dari sebatas menulis, sebab Kamu mesti memperoleh pemasukan dari sana, benar kan? Kamu mesti dapat jadikan website menjadi asset serta tulisan menjadi produk yang di jual pada pengunjung. Lalu memonetisasi jalan raya pengunjung itu jadi penghasilan.

Proses untuk sampai ke “mendapatkan uang dari blog” sangat panjang serta berkelok. Sebelum sampai kesana, Kamu harus tahu apa yang diperlukan, langkah kerjanya, bagaimana mengawali, serta apa yang perlu dikerjakan sesudah website pertama Kamu jadi.

Untuk itu, tulisan ini ada. Untuk menolong Kamu memperoleh deskripsi beberapa langkah apa yang perlu dikerjakan selanjutnya sesudah tingkatan pertama, yaitu membuat website telah Kamu lalui. Sebelum diawali, lebih baiknya sediakan satu gelas kopi terlebih dulu, sebab pemkajian kita akan begitu panjang.

Apakah itu Website?

Sebelum masuk ke inti pemkajian, sebaiknya kita ulas dikit apa sich website sebetulnya.

Di tulisan saya waktu lalu, saya mendefiniskan website menjadi wadah untuk sebarkan beberapa info berbentuk tulisan yang mencakup pendapat, jurnal, analisa data digital, statistik serta tulisan yang lain ke dunia maya dengan luas serta berkaitan. Lingkup isinya tidak hanya terbatas, dapat berbentuk teks, gambar, video ataupun format grafis yang susah sekalinya. Artikel-artikel yang diedarkan akan dibaca serta di nikmati pengunjung hingga terjadi transisi info dengan digital yang murah serta gampang. Website dapat dibuka dari hp memakai koneksi data. Website biasanya berbentuk gratis, terbuka serta meliputi relung tema detil sampai umum.

Type Website 

Pilihan basis website terbagi dalam banyak jenis. Tetapi beberapa yang seringkali dipakai ialah Blogger.com, WordPress.com, Tumblr, Blogs.com, Webs, Blogsome, Blogdetik, sampai website dengan domain serta hosting sendiri atau dimaksud dengan hostedblog. Di kelompok blogger, banyak yang memakai engine WordPress menjadi interfaceblog berbayarnya.

Nah, untuk mengawali membuat website, Kamu mulai bisa dari satu diantara beberapa nama service diatas. Bila Kamu masih tetap bingung langkah membuat, saya juga beri tutorialnya untuk semasing basis, dari mulai Blogger, WordPress serta Tumblr.

Setelah itu Apa?

Kita masuk ke bahasan penting. Sesudah website saya jadi, apa sich langkah setelah itu supaya website dibanjiri traffic (pengunjung), diketahui atau dibaca serta menghadirkan pemasukan buat yang ingin ke arah step ini nanti?

Pertama kali, menghilangkan dahulu pemikiran Kamu masalah uang. Karena, untuk sampai kesana, ada proses panjang yang bukan sekedar perlu tenaga, tetapi pula totalitas pengorbanan, dari mulai waktu, pikiran, juga uang (sekurang-kurangnya bila memakai hosting pribadi).

Konsentrasi dahulu pada target-target periode pendek, salah satunya menyelesaikan 20 dari 21 langkah kelanjutan sesudah website Kamu mengudara dalam dunia maya. Tuntaskan satu per satu, baru lalu Kamu bisa bicara masalah monetisasi.

Lengkapi Navigasi Website 
Lepas dari basis apa yang Kamu gunakan, navigasi ialah komponen sangat terpenting. Navigasi terbagi dalam menu-menu yang harus berada di satu website. Diantaranya, halaman profile website, prasyarat serta ketetapan pemakai, kontak, kebijaksanaan privacy serta kategori-kategori yang nanti berisi kelompok artikel dengan tema tersendiri.

Kenapa navigasi yang baik terpenting buat website?

Ada banyak fakta:

  1. Navigasi yang baik tingkatkan waktu kunjungan serta mendesak angka bounce rate. Bounce rate ini seperti tolak ukur berapakah prosentase pemakai yang masuk ke website lalu langsung keluar tanpa ada mengeklik tautan selanjutnya. Serta umumnya relatif dalam hitungan detik. 
  2. Navigasi yang baik pula menolong pengunjung untuk mengerti hirarki website, memperbedakan isi serta temukan apa yang mereka perlukan. 
  3. Dampak tempat penting juga, sebab dalam pendekatan Serial Position Effect, orang malah kurang memerhatikan anggota badan dari satu halaman situs. Tetapi lebih memerhatikan serta menjaga info yang tampil di awal serta akhir. Navigasi bisa menjadi arah pertama waktu pengunjung perlu info dengan detil. 

Tulislah Artikel Pertama 
Jika di WordPress, Kamu akan menjumpai satu tulisan bawaan yang dikasih judul Hello World!. Waktu website pertama Kamu jadi, semestinya hapus posting-an itu serta ubah dengan tulisan pertama Kamu. Untuk permulaan, Kamu bisa mengenalkan diri siapa Kamu, lalu website akan menceritakan mengenai apa, kenapa membuat website dan lain-lain. Walau berkesan remeh, yakinlah satu hari kelak tulisan simpel ini akan sangat terasa bernilai untuk dilupakan.

Perbaiki Penampilan 
Banyak pemakai pemula terjerat pada stgima jika website mesti tampil cantik, banyak feature, ada slider-nya, banyak warna, dipenuhi gambar-gambar, video di sidebar dan lain-lain. Walau sebenarnya, beberapa hal seperti itu tidak langsung membuat pengunjung terasa nyaman. Yang penting sebetulnya bagaimana supaya website berjalan secara cepat serta mulus di piranti pemakai. Ditambah lagi saat ini orang telah mulai bergerak dari desktop ke mobile, fitur-fitur aneh seperti yang saya katakan diatas barusan akan tidak tampil semua di peramban mobile. Bila juga tampil, malah akan membuat loading halaman jadi berat.

Itu penyebabnya Google sekarang mulai memberi rangking yang lebih baik pada situs yang mempunyai loading bertambah cepat serta yang memberi suport pada piranti mobile.

Jadi, gunakanlah topik yang simpel serta responsive tetapi masih menarik untuk dilihat. Kurangi komponen-komponen penghias yang tidak terpenting. Konsentrasi pada kecepatan, keringanan akses serta navigasi. Untuk mengecek berapa cepat website Kamu, silakan tes di tautan ini atau ini.

Pasang Plugin Sekedarnya
Bila Kamu pilih memakai domain serta hosting berbayar, serta cms pilihannya ialah WordPress, langkah ini harus dikerjakan. Mengenai plugin yang saya anjurkan, diantaranya:

  1. AIO SEO Plugin: Fungsinya untuk merekayasa titletag, gambaran artikel, kata kunci (keyword), dan lain-lain. 
  2. Google XML Sitemap: Plugin yang menolong membuat halaman sitemap untuk didaftarkan ke Google Search Console (ini dibutuhkan di tingkatan selanjutnya). 
  3. W3 Keseluruhan Cache: Menolong percepat loadingblog. 
  4. Jetpack: Berisi kelompok plugin multi manfaat, ada untuk statistik, simbol sosial media, tombol share, dan sebagainya. 
  5. Akismet: Plugin yang menolong menyaring komentar spam. 
  6. iThemes Security: bila takut dengan serangan hacker, plugin dapat menolong mengamankan website. 

Logo serta Favicon 
Yang tidak kalah terpenting bikinlah logo untuk headerblog Kamu. Seperti apa memiliki bentuk, bebas. Saya berikan bagaimana rupa design logo pada Kamu, silakan membuat sesuai dengan hasrat. Bila kesusahan, Kamu pula bisa menyewa layanan seorang yang memiliki potensi untuk bikin logo. Kamu dapat membayar rekan kuliah, kerja atau keluarga. Atau temukan layanan design di komunitas serta sosial media.

Buat E-mail Spesial 
Selanjutnya, bikinlah account e-mail spesial yang terpisah dari account pribadi Kamu. Fungsinya untuk apa? Banyak. E-mail ini nanti dapat untuk mendaftarkan account media sosial yang akan jadi tingkatan sesudah ini, untuk kontak iklan di waktu yang akan datang, dan sebagainya.

Bikinlah Formulir Newsletter 
Newsletter atau mailing daftar dapat jadi asset yang bernilai di waktu yang akan datang. Tidak hanya menjadi sumber traffic setia, mereka dapat jadi ladang untuk tawarkan produk atau layanan di masa datang.

Untuk bikin formulir pendaftaran newsletter, Kamu dapat memakai service Aweber, Mailchimp atau Getresponse.

Bikinlah Fan Page serta Account Alat Sosial 
Langkah selanjutnya, bikinlah fan page Facebook untuk website Kamu, lalu buatlah account Twitter serta YouTube. Fungsinya apa? Supaya website Kamu makin gampang dikenali, makin gampang diingat serta tentunya mencapai pengunjung yang lebih luas.

Apa Social Signal seperti ini bagus untuk SEO?

Google telah menyatakan jika popularitas website di sosial media tidak jadi tolak ukur rangking di mata mesin perayap. Tetapi, arah dari eksistensi website di sosial media ialah untuk bangun branding serta mengarahkan pengunjung yang valid. Jadi, janganlah kaitkan jumlahnya like serta sharing di media sosial dengan tempat website Kamu di mesin perayap.

Submit Website ke Google Search Console atau Webmaster Tool 
Google Search Console – dulunya Google Webmaster Tool ialah satu alat, apabila Kamu punya niat jadi seseorang blogger yang serius, Kamu mesti mulai kenal serta pelajari dalamannya.

Dari perspektif SEO, Google Search Console ialah bodyguard sekaligus juga analis pribadi Kamu, sebab dia memberi info yang komplet mengenai bagaimana manfaat situs Kamu di mesin perayap Google, bagaimana jumlahnya tautan balik (back-link) serta dampaknya, bagaimana keamanan website, bagaimana popularitasnya, jumlahnya indeks, dan sebagainya.

Search Console tawarkan banyak alat yang akan sangat mungkin Kamu secara detail mengkaji website Kamu. Dari analisa ini, Kamu bisa konsentrasi mengerjakan permasalahan yang membuat rangking website makin baik di mesin perayap.

Bagaimana langkah mengerjakannya? Kamu dapat baca serta ikuti beberapa langkah di panduan ini serta ini.

Daftarkan Situs ke Google Analytic 
Service yang punya Google ini ialah alat untuk mencari serta mencatat jalan raya di website Kamu, mencakup jumlahnya kunjungan unik, jumlahnya pageview, demografi pengunjung, tulisan sangat popular, serta tingkah laku lainnya contohnya berapakah lama pengunjung membaca website Kamu, berapakah yang langsung keluar (bouncerate) serta tanda yang lain. Beberapa informasi ini terpenting sebab dengannya Kamu bisa menganalisa permasalahan serta membuat keputusan-keputusan berkaitan editorial dan lain-lain.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment